Rabu, 05 November 2014

Tools Pada Mobile Forensik

Tools atau alat bantu dalam penyelidikan yang terpaut dengan mobile forensik banyak tersaji, tapi tak jarang yang bisa di jadikan alat bantu tercepat dan termudah. Dibawah ini ada dua contoh alat bantu yang termudah penggunaannya dan tercepat prosesnya :

1. Paraben

Paraben Device Seizure (PDS) dirancang untuk memungkinkan peneliti untuk memperoleh data yang terdapat pada ponsel, smartphones, GPS dan perangkat PDA tanpa mempengaruhi integritas data. Ponsel tersebut dirancang untuk mengambil data seperti nomor telepon, tanggal, gambar, riwayat panggilan, dan dump data penuh (mirip dengan dump flasher). Serta dirancang dengan menyediakan pilihan beberapa analitik dengan built in mesin pencari, alat-alat manajemen kasus seperti bookmark dan data impor dan dirancang untuk memperoleh, mencari, dan melaporkan semua data yang terkait dengan sebagian besar versi dari OS perangkat ponsel tersebut atau bias juga dari RIM tersebut seperti RIM pada blackberry.
Paraben  Point to point telah diinterigasikan menjadi device seizure. Point to point mempunyai fitur mengkonversi GPS poin data yang akan dibaca secara langsung ke Google Earth sehingga peneliti dapat dengan cepat dan mudah menampilkan di mana lokasi-lokasi GPS tersebut. Paraben device seizure dapat dijalankan dengan peralatan yang lama untuk ujian forensik.
Perangkat bisa mendapatkan informasi atau memperoleh data lebih lanjut tergantung pada modelnya, seperti berikut:
·         SMS History (Text Messages)
·         Deleted SMS (Text Messages)
·         Phonebook (both stored in the memory of the phone and on the SIM card)
·         Call History,Call Dates dan Durations
·         Received Calls, Dialed Numbers, dan Missed calls
·         Datebook, Scheduler, dan Calendar
·         To-Do List
·         System Files
·         Multimedia Files (Images, Videos, etc.)
·         Java Files
·         Deleted Data
·         Quicknotes
·         GPS Waypoints, Tracks, Routes, etc.
·         RAM/ROM
·         PDA Databases
·         E-mail
·         Registry (Windows Mobile Devices)

2. XRY

XRY adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk berjalan pada sistem operasi windows, yang memungkinkan untuk melakukan ekstraksi data forensik yang aman dari berbagai macam perangkat mobile, seperti smartphone, gps navigasi unit, modem 3G, pemutar musik portabel dan tablet terbaru prosesor seperti iPad. XRY dikembangkan oleh Micro Systemation AB, (www.msab.com).
Mengekstrak data dari ponsel  atau telepon seluler adalah keterampilan spesialis dan tidak sama dengan memulihkan informasi dari komputer. XRY dirancang dan dikembangkan untuk membuat proses yang lebih mudah, dengan dukungan untuk lebih dari 5.300 profil perangkat yang berbeda selular. XRY menyediakan solusi lengkap untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan(user) dan perangkat lunak memandu user melalui proses langkah demi langkah untuk membuatnya semudah mungkin.

Sumber  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar